Tugas OpenGL

Wednesday, November 11, 2009

TUGAS OPENGL
Membuat Skala, Rotasi Segitiga Pada Opengl






Nama Kelompok :

- Naufal Azzam ( 31108409 )
- Rivanesa all sehera (31108706)
- Bryan Akbar Wicaksono (30108438)
- Yames Reymond (32108065)
- Muhammad Robbian Nur (31108357)



OPENGL DENGAN SOFTWARE DEV-C++

1. Membuat SEGITIGA

Ket Program

{
/* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glRotatef (theta, 0.0f, 0.0f, 1.0f);
glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (0.0f, 1.0f);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (0.87f, -0.5f);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f); glVertex2f (-0.87f, -0.5f);
glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

theta += 1.0f;
Sleep (1);
}
Inputan Program















Output Program
















1. Contoh Membuat garis

Ket Program

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glRotatef (theta, 0.0f, 0.0f, 1.0f);
glClearColor(1,1,1,0); // warna background putih
glColor3f(1,1,1); // warna garis hitam
glBegin(GL_LINES); //digunakan untuk membua garis tiap 2 titik yang ada
glVertex3f(0,0,-0.1); //garis 1
glVertex3f(0.3,0.2,0.1);

glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);




Inputan Program















Output Program













CARA PEMBUATAN PADA OPENGL DAN HANYA MENJELASKAN PEMBUATAN SKALA, ROTASI PADA SEGITIGA SAJA

DISINI PEMBUAT MEMAKAI DEV-C++ DAN glut.3.7.6+ UNTUK MEMBUAT OPENGL.
- INSTALL DEV-C++ 4.9.9.2
- SETELAH ITU PILIH TOOLS – PACKAGE MANAGER. MAKA AKAN MUNCUL JENDELA PACKAGE MANAGER LALU PILIH PACKAGE YANG ADA PADA STATUS BAR LALU PILIH ISTALL PACKAGE MAKA AKAN MUNCUL JENDELA UNTUK MENCARI PACKAGE CARI glut.3.7.6+ YANG SUDAH ADA PADA KOMPUTER ANDA LALU INSTALL
- SETELAH PROSES INSTALLASI DEV-C++ DAN GLUT SELESAI PILIH FILE –NEW -PROJECT YANG ADA PADA STATUS BAR
- MAKA MUNCUL JENDELA NEW PROJECT LALU PILIH MULTIMEDIA DAN LALU PILIH OPENGL LALU PILIH OK
- AGAR PROJECT BISA DICOMPILE TAMBAHKAN
-lglut32
-lglu32
-lopengl32
-lwinmm
-lgdi32
- CARANYA PILIH PROJECT – PARAMETERS – TAMPAHKAN PADA KOTAK DIALOG LINKER.

SETELAH KITA BUAT PROJECT BARU MAKA SECARA OTOMATIS PADA LAYAR AKAN MUNCUL BANYAK KODING YANG ANDA PERLU GANTI HANYA PADA :
“/* OpenGL animation code goes here */”

DAN DIBAWAH KODE DIATAS ANDA BISA MENULISKAN APA YANG ANDA INGINKAN INGIN MEMBUAT SEGITIGA, BALOK, GARIS HANYA PERLU MENULISKAN DIBAWAH “/* OpenGL animation code goes here */”

CONTOH KODING MEMBUAT ROTASI, SKALA PADA SEGITIGA

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glRotatef (theta, 0.0f, 0.0f, 1.0f);
glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (0.0f, 1.0f);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (0.87f, -0.5f);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f); glVertex2f (-0.87f, -0.5f);
glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

theta += 1.0f;
Sleep (1);
PADA KODING :

glBegin (GL_TRIANGLES);

ITU KODING UNTUK MENENTUKAN APAKAH ANDA INGIN MEMBUAT SEGITIGA GARIS KALAU ANDA INGIN MEMBUAT GARIS HANYA PERLU MENGGANTI TRIANGLES MENJADI LINE DAN UBAH SKALA GARIS YANG ANDA INGINKAN DAN JANGAN LUPA UNTUK DICOMPILE LAGI

PADA KODING :

glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (0.0f, 1.0f);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (0.87f, -0.5f);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f); glVertex2f (-0.87f, -0.5f);

ITU YANG MENENTUKAN SKALA PADA SEGITIGA dan WARNA YANG DIINGINKAN


PADA KODING

theta += 1.0f;

UNTUK MEMBUAT ROTASI PADA OPENGL COBA SAJA ANDA HAPUS PASTI SEGITIGA’A TIDAK AKAN BERPUTAR.

INGAT :
SETIAP ANDA MEMBUAT PROJECT BARU JANGAN LUPA MENAMBAHKAN -lglut32-lglu32-lopengl32-lwinmm-lgdi32 ( KARENA INI MASIH MANUAL )

0 comments:

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP